IMMSukoharjo.Com, Sukoharjo PC IMM Sukoharjo merupakan salah satu dari puluhan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang ada di Jawa Tengah. Sebagai salah satu cabang yang menjadi episentrum kekuatan intelektual kader Muhammadiyah di Jawa Tengah, PC IMM Sukoharjo senantiasa mengusahakan kerja-kerja intelektual yang mencerahkan. Sebagai tanggungjawab moral intelektual kader Muhammadiyah, PC IMM Sukoharjo terbitkan sehimpun gagasan yang berjudul Perjalanan Puan.

Buku Perjalanan Puan ini merupakan buah karya orisinil kader-kader IMM Sukoharjo yang dinarasikan dengan apik dan otentik. Sebagai wujud syukur, PC IMM Sukoharjo selenggarakan launching Buku Perjalanan puan secara daring melalui platform Zoom Meeting (16/1).

Hadir dalam forum launching, Direktur PSBPS Universitas Muhammadiyah Surakarta, Dra. Yayah Khisbiyah, M.A.; Ketua Bidang Immawati DPP IMM, Immawati Rini Marlina, S.M.; Ketua Umum PC IMM Sukoharjo Periode 2020-2021, Rezza Perwiranegara Sudirman, S.Ag.; Ketua Umum PC IMM Sukoharjo Periode 2021-2022, Muhammad Adam Ilham Mizani, S.Pd.; Chief Executife Officer Diomedia, Ngadiyo; dan segenap perwakilan penulis.

Dalam pengantarnya, Dra. Yayah Khisbiyah, M.A. memberikan apresiasi kepada segenap penulis wabil khusus kepada PC IMM Sukoharjo yang sudah berhasil menerbitkan sebuah karya yang sangat luar biasa.

“Bagi saya dan juga bagi peradaban, buku yang anda terbitkan ini merupakan capaian yang besar. Itu sebabnya saya mengatakan bukan hanya bahagia, tapi juga terharu dan terhormat mana kala saya diajak dalam partisipasi proses ini,” ucap Yayah.

Immawan Rezza Perwiranegara Sudirman, S.Ag. menyampaikan bahwa berawal dari ketidakpuasan produksi konten melalui instagram @jilbabmerah yang diinisasi oleh Bidang Immawati dan Korps Immawati PC IMM Sukoharjo, maka kemudian PC IMM Sukoharjo kala itu berusaha untuk menghadirkan narasi-narasi intelektual yang mengawal isu-isu perempuan. Ia juga menyampaikan bahwa pada periodenya, PC IMM Sukoharjo memberikan ruang yang seluas-luasnya untuk perempuan, khususnya Immawati untuk belajar dan berproses.

Perlu diketahui, Buku Perjalanan Puan ini ditulis oleh 16 kader IMM Sukoharjo lintas generasi, di antaranya : Safinatunnisa, Fatekhah Herlyana Elsasari, Nyufi Ati, Defi Maryastuti, Hani Pujiastuti, Jajang Nurzaman, Khoirunnisa Bea Safaraz, Muhammad Taufiq Ulinuha, Mutaqillah Ahmad, Nur Fadzilah Rahma Dewi, Rambat Nur Hanadi, Ririn Rahayuning Resti, Sarifah Aprianri, Wildan Nur Ma’arif dan Anisa Kurniarahman; yang kemudian diterbitkan oleh Penerbit Diomedia.

Perjalanan Puan

Sekretaris Umum PC IMM Sukoharjo, Immawan Muhammad Taufiq Ulinuha yang redaksi hubungi secara daring menyampaikan bahwa Buku Perjalanan Puan ini merupakan bukti adanya keresahan di dalam tubuh IMM, tentang berbagai permasalahan keperempuanan, baik secara khusus maupun umum.

“Suara-suara dari tataran grassroots ini seyogyanya menjadi insight bagi semua kalangan, bahwa keadilan gender, pemberdayaan perempuan, dsb merupakan suatu keniscayaan. Terlebih akhir-akhir ini kita melihat maraknya kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang harus menjadi warning bagi kita semua. Awareness tentang posisi perempuan yang setara dengan laki-laki, harus mulai tumbuh dan ditumbuhkan pada tiap-tiap jiwa insan Indonesia; agar kedepan, Indonesia benar-benar menjadi bangsa yang berkemajuan, ditandai dengan terbukanya ruang publik bagi perempuan dan musnahnya kekerasan terhadap perempuan dan anak,” kata Ulin.

Sebagai informasi, buku ini dapat diperoleh di Bookstore Universitas Muhammadiyah Surakarta; dan bagi mahasiswa UMS, dapat menukarkan KTMnya dengan Buku Perjalanan Puan ini.

Master Kalender Muhammadiyah 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here