IMMSukoharjo.com, Surakarta – Internasionalisasi Gerakan Muhammadiyah menjadi tema besar dalam acara Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48, bertempat di Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Senin (30/05/22). Sesi kedua ini diikuti oleh kurang lebih delegasi dari Ormawa yang ada di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sesi ini dimulai kembali pada pukul 13.00 WIB.

Melihat begitu banyak permasalahan global yang harus turut diselesaikan, Muhammadiyah pada sesi ke-dua Seminar Muktamar angkat pembahasan tentang Dakwah Muhammadiyah dalam kemanusiaan Global yang disampaikan oleh ; Syaikh Dr (HC) Mohammed M. T. Khoory, Prof. Hilman Latif, M.A., Ph.D., Rahmawati Husein, MCP., Ph.D

Seminar pra Muktamar ini diawali dengan pemateri pertama, Syaikh Dr. Mohammed M. T. Khoory. Yang menyampaikan materi dalam bahasa arab. Namun, diterjemahkan oleh penerjemah ahli untuk memudahkan peserta seminar memahami apa yang disampaikan oleh syaikh. Sedikit banyak penjelasan dan pemaparan terkait isu-isu kemanusiaan oleh beliau, dari bencana alam hingga pada bencana kemanusiaan. Syaikh Khoory dalam materinya juga menyampaikan beberapa Kerjasama kemanusiaan yang sudah dibangun dengan perserikatan Muhammadiyah diantaranya adalah Lembaga kemanusiaan AMCF (Asian Moslem Charity Foundation), yang sedari awal didirikan, Muhammadiyah sudah menjadi mitranya.

Selain menyampaikan beberapa kerja sama dengan Muhammadiyah terkait dengan Lembaga kemanusiaan, syaikh Khoory dalam penutup materinya menyayangkan penutupan Ma’had di beberapa kampus Muhammadiyah, diantaranya ; Universitas Muhammadiyah Palembang. “Sayang sekali Ma’had tersebut ditutup dan ini adalah kerugian yang besar bagi kita bersama, khususnya bagi infrastuktur program dakwah di daerah terpencil,’’ ujar Syaikh Khoory.

“Seakan-akan upaya saya hilang kemudian materi yang sudah dikeluarkan menjadi kurang bermanfaat.  Semoga ada solusi ada solusi ke depannhya untuk mengaktifkan kembali Ma’had-ma’had yang sudah ditutup,” tutup Syaikh Khoory.

Reporter: RaBal
Editor : Redaksi

Master Kalender Muhammadiyah 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here