IMMSukoharjo.com, Sukoharjo – Beberapa waktu terakhir, marak terjadi fenomena kekerasan berbasis gender, lebih spesifik lagi, kekerasan seksual. Kasus-kasus kekerasan seksual terjadi tidak hanya di ranah privat seperti rumah, namun sudah merambah ke ranah publik, sebut saja beberapa kejadian kekerasan seksual di sekolah, asrama, dan fasilitas umum lainnya. Sebagai bentuk kesadaran kolektif, PC IMM Sukoharjo melalui Bidang dan Korps Immawati mengadakan Pendidikan Khusus Immawati (Diksuswati) I sebagai upaya preventif dan media kampanye adil gender.

Kegiatan Diksuswati I ini diselenggarakan secara blendeed sejak tanggal 29 Januari 2022 hingga 2 Februari 2022. Puluhan peserta yang berasal dari berbagai cabang, di antaranya : Sukoharjo, Surakarta, Cirendeu, Djazman Al Kindi, Banyumas, AR Fakhruddin, Bengkulu, Bangkalan, dan Cirebon.

Novia Firdayanti dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya Diskuswati I ini dilaksanakan dengan tujuan membentuk karakter Immawati yang senantiasa kritis terhadap isu perempuan dan penanaman ideologi keperempuanan.

“Terimakasih kepada seluruh panitia, dan semua pihak yang terlibat untuk mensukseskan acara ini. Saya berharap semoga kedepannya acara dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan,” ungkap Immawati Novia dalam sambutannya.

Diksuswati kali ini mengangkat tema, “Meretas Kekerasan Seksual Berbasis Gender pada Tubuh Ikatan.”

Beberapa materi yang akan peserta dapatkan dalam Diksuswati kali ini, di antaranya : Perempuan Menurut Agama Samawi; Kreasi Konten; Gender dan Sex; Islam dan Kesetaraan Gender; Sejarah Gerakan Perempuan di Indonesia; Muhammadiyah dan Kesetaraan Gender; Analisis Ideologi Feminis; Kekerasan Berbasis Gender; Psikologi Manusia; dan Advokasi Media Berbasis Gender.

Webinar Diskuswati
Webinar Diskuswati. Sumber : Pribadi

Muhammad Adam Ilham Mizani, S.Pd. selaku Ketua Umum menyampaikan bahwa dewasa ini marak terjadi tindak kekerasan gender, bahkan terjadi ketimpangan relasi gender. Harapannya dengan adanya Diksuswati ini, kader-kader IMM mampu mendapatkan insight tentang konsep-konsep adil gender, advokasi gender, dan lain lain agar nantinya mampu menjadi pionir melawan kekerasan gender.

Ayahada H. Wiwaha Aji Santoso, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas diselenggarakannya kegiatan ini, beliau juga berharap acara ini mendapatkan rida Allah dan dapat berjalan dengan lancar.

“Tentu ini sebuah lompatan gagasan yang cemerlang bahwa sekalipun di era pandemi covid 19 para mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, lagi Immawatinya ini bisa mensiasati keadaan seperti apapun. Sekalipun masih belum dicabut surat edaran tentang pandemi tapi para mahasiswa mampu merancang kegiatan yang insya Allah sangat bermanfaat. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih,” ungkap Ketua PDM Sukoharjo ini.

Sebagai informasi, kegiatan Diksuswati ini dibuka dengan Stadium General yang mengangkat tema Diskuswati. Stadium General  diisi oleh Immawati Rini Marlina, S.M. (Ketua Bidang Immawati DPP IMM) dan Immawati Dila Farhani (DPD IMM DIY).

Master Kalender Muhammadiyah 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here