IMMSukoharjo.com, Sukoharjo – (11/6/22) Bidang SPM bersama rekan PC IMM Sukoharjo dan Kader PK IMM se-Sukoharjo adakan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid (PMBM) di Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. Program ini dilaksanakan  setiap sepekan sekali di Hari Sabtu selama kurang lebih 2 bulan. Dalam kegiatan PMBM ini terdiri dari beberapa agenda, antaranya yaitu pengajaran TPA, pendataan ranting, dan penugasan imam dan khatib di masjid.

Dokumentasi Pembelajaran TPA di Bendosari

Untuk penugasan kegiatan PMBM di Kecamatan Bendosari ini; dibagi dalam 4 masjid, yakni Masjid At-Taubah, Masjid Jami’, Masjid Nurul Iman, dan Masjid Asyahid. Dalam setiap masjid terdiri dari empat sampai lima orang immawan maupun immawati yang bertugas untuk pengajaran TPA sekaligus imam dan khatib di masjid untuk immawan. Sedangkan untuk pendataan pimpinan ranting Muhammadiyah setempat; dikomunikasikan melalui ketua pimpinan ranting Muhammadiyah setempat. Dengan antusias, masyarakat Bendosari menyambut kedatangan rekan-rekan PC IMM Sukoharjo. Selain antusias, masyarakat Bendosari juga menerima kedatangan rekan IMM dengan ramah tamah dan senang hati.

Baca juga : Gelar Pelantikan, PC IMM Sukoharjo Angkat Tema “Meneguhkan Semangat Gerakan Menuju IMM Sukoharjo yang Berdaya Berkemajuan”

“Di ranting Bendungan masih baru dan masih awal, kita merintis dari awal karena belum ada pengajar TPA yang tetap, maka dari itu kami ingin merintis TPA lagi disini yang baru dan mencari pengajar TPA tetap agar berjalan untuk seterusnya,” ujar Saef. Kegiatan PMBM ini berpusat di Kecamatan Bendosari dengan jumlah 13 ranting. Kecamatan Bendosari ini memiliki 13 ranting, salah satunya ranting Mertan yang menjadi pusat kegiatan PMBM ini. Bendungan merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Bendosari dan di desa Bendungan inilah baru saja berdiri ranting baru.

***

Follow up kegiatan PMBM ini yaitu mempunyai data dan kegiatan PMBM. Selain itu, PMBM merupakan salah satu follow up dari training guru TPA yang sebelumnya sudah pernah dilaksanakan. Untuk selanjutnya, setelah dua bulan selesai program PMBM ini rekan-rekan PC IMM Sukoharjo tetap memantau perkembangan kegiatan yang ada di desa Bendosari. Pemeran PMBM ini yakni bidang SPM pada khususnya dan rekan-rekan PC IMM Sukoharjo serta teman-teman komisariat se-Sukoharjo, namun tak lupa demisioner SPM sebelumnya juga turut andil ikut dalam kegiatan ini untuk membimbing dan belajar bersama. Dengan kegiatan PMBM ini; rekan-rekan IMM Sukoharjo pada khususnya. Harapan kedepannya, mereka dapat mengaktualisasi syiar dakwah secara langsung ke masyarakat. “Experience is the best teacher,” ujar Saef di akhir penutupan kegiatan PMBM.

Reporter: Ihyana Istiqomah
Editor: Redaksi

Master Kalender Muhammadiyah 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here