IMMawati Tazkiya Hanif R

(Kader 2019 Bidang Hikmah)

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) adalah sebuah Organisasi Mahasiswa Islam, sekaligus Organisasi Ortonom Muhammadiyah yang bergerak di bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Kemasyarakatan. IMM dibentuk di Yogyakarta pada tangggal 14 Maret 1964. IMM sendiri memiliki tujuan “mengusahakan terbentuknya Akademisi Islam yang Berakhlak Mulia dalam rangka mencapai Tujuan Muhammadiyah”.

Dengan identitas IMM yang merupakan sebuah organisasi gerakan mahasiswa, IMM dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan ide-ide pembaharuan dan pengembangan. Sebagaimana tertuang dalam tri kompetensi dasar IMM, yaitu religiusitas, intelektualitas, dan humanitas, kader IMM memiliki tanggung jawab terhadap tiga bidang tersebut. Maka kader IMM harus memiliki tauhid yang kuat dan internalisasi pemahaman-pemahaman Muhammadiyah, intelektual yang tinggi dengan nalar-nalar kritis yang bersih tanpa ada kepentingan, dan memiliki rasa sosial yang besar. Oleh karena itu, meskipun berada pada era industri 4.0, kader IMM diharapkan selalu dapat menjawab tantangan era dengan intelektualitas dengan selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip islami.

Banyak sekali pesoalan kemanusiaan yang muncul pada era sekarang sebagai sentral dalam perubahan. Persoalan tersebut diantaranya; minimnya pembangunan infrastruktur di daerah-daerah terpencil, kelaparan, kesenjangan sosial, kurangnya SDM guru di sekolah terpencil Indonesia, krisis akhlak dan moral, hingga maraknya praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), dan lain sebagainya. Maka dari itu, IMM sebagai organisasi kemasyarakatan sudah sepatutnya memperhatikan dan sedikit demi sedikit mulai bergerak maju secara massif dan berkelanjutan agar Muhammadiyah dan ortomnya, yakni yang dimaksud IMM mampu dirasakan oleh masyarakat. Selain meyelesaikan permasalahan yang ada, terbangun pula impresi masyarakat terhadap Muhammadiyah yang anggun dalam moral dan unggul dalam intelektualitas.

Master Kalender Muhammadiyah 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here