IMMSukoharjo.com,SUKOHARJO – Pimpinan Komisariat IMM Muhammad Abduh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta;m engadakan Sekolah Tarjih dengan tema “Urgensi Manhaj Tarjih Muhammadiyah Sebagai Metodologi Dalam Menisbatkan Hukum Syariat Bagi Kader Muda Muhammadiyah” yang bertempat di gedung Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kartasura(8-10/4).

Sebelumnya, kegiatan sekolah tarjih sudah pernah dilaksanakan pada periode sebelumnya; dan untuk periode ini terbuka tidak hanya khusus internal IMM Abduh tapi juga untuk eksternal. Adapun kegiatan ini terlaksana secara hybrid; dengan jumlah peserta awal sebanyak 42 orang (17 offline dan 25 online). Akan tetapi; dalam realisasinya yang hadir offline hanya 12 orang dan online sebanyak 16 orang.

 

Sekolah Tarjih PK IMM Muhammad Abduh
Sekolah Tarjih PK IMM Muhammad Abduh

***

Pembukaan acara telah mulai pukul 13.30 WIB, yang mana telah hadir Ketua Umum PK IMM Muhammad Abduh; Immawan Muttaqillah Ahmad, Ketua Umum Cabang Sukoharjo; Immawan Rahmat Rusma Pratama, serta perwakilan dari PCM sekaligus membuka acara secara resmi.

Pada sambutan pembukaan; Ketua Umum PK IMM Muhammad Abduh menyampaikan bahwa Sekolah Tarjih sebagai bentuk aktivitas intelektual yang mana memberikan pemahaman kepada para kader IMM ataupun kader Muhammadiyah tentang cara muhammadiyah mengambil keputusan terhadap isu-isu sosial yang berkembang di masyarakat.

***

Ada yang beda dari kegiatan ini, jika pada umumnya hanya melakukan diskusi dan FGD; karena kegiatan yang bertepatan dengan bulan ramadhan jadi panitia menyusun konsep acara untuk tetap mengadakan kegiatan ramadhan sebagaimana mestinya; seperti buka bersama, sholat tarawih bersama, hingga sahur bersama, lanjut dengan shalat subuh bersama dan kajian ayat.

Maksud dan tujuan dari Sekolah Tarjih adalah sebagai bentuk penguatan kembali gerakan dakwah muhammadiyah mengenai pemahaman tentang Manhaj Tarjih yaitu; kegiatan untuk merespon permasalahan sosial dan kemanusiaan dari sudut pandang agama islam atau melakukan Ijtihad mengenai suatu persoalan dari pandangan Islam dan sekaligus agar kader-kader IMM agar dapat memahami defenisi sumber hukum islam dan prosedur atau metode pelaksanaan manhaj tarjih.

***

Adapun materi yang dibahas meliputi : 1. Pengertian,sejarah,fungsi, dan pendekatan  manhaj tarjih muhammadiyah; 2. Prosedur teknis metode manhaj tarjih; 3. Wawasan, Sumber, Prinsip dan asumsi dibalik metode; 4. Pengkajian metode manhaj tarjih muhammadiyah dalam menisbatkan hukum puasa ramadhan; dan 5. Pengkajian metode manhaj tarjih muhammadiyah dalam menisbatkan hukum rokok.

Pengertian Manhaj Tarjih secara harfiah adalah cara melakukan tarjih. Tarjih sendiri berasal dari disiplin ilmu usul fikih untuk melakukan penilaian terhadap dalil-dalil syar’i secara zahir tampak saling bertentangan, evaluasi terhadap pendapat-pendapat (kaul) fikih untuk menentukan yang lebih kuat. Manhaj Tarjih memiliki berbagai unsur atau wawasan, di antaranya wawasan tentang paham agama, tajdid, toleransi, keterbukaan, dan wawasan tidak berafiliasi mazhab tertentu.

Jermanda Ridwan selaku Ketua Bidang TKK berpesan, untuk Sekolah Tarjih selanjutnya lebih baik, lebih ahsan dalam persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjutnya. Tidak Cuma berhenti sampai pelaksanaannya tanpa adanya tindak lanjut. Akan tetapi ada tindak lanjut berupa mengerjakan RTL bagi para peserta. Mewujudkan kader-kader tarjih yang dari PK IMM Muhammad Abduh itu sendiri. Dalam segi pelaksanaan lebih matang lagi, lebih sempurna lagi dan mendatangkan pembicara-pembicara yang luar biasa lagi seperti Sekolah Tarjih sekarang yang diisi materi oleh Dr. Imron Rosyadi M.Ag, Drs. Widodo M.Pd, Prof. Dr. M. Abdul Fattah Santoso, Dr. Furqon Hasbi, Lc. M.Ag dan Muhammad Anis Sumaji, M.Pi.

 

Reporter : Muhammad Irjan usman
Editor : Auliya

Master Kalender Muhammadiyah 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here